NEWS
DETAILS
Rabu, 26 Jun 2024 21:58 - Ikatan Motor Honda Makassar

Asmo Sulsel - Berkendara menggunakan sepeda motor tentu memiliki cara tersendiri. Hal khusus ketika berkendara dengan sepeda motor adalah posisi tubuh yang baik dan sesuai.

Olehnya itu, pengendara sepeda motor harus memastikan bahwa seluruh postur tubuh Anda sudah cukup ideal sesuai dengan standar dalam berkendara.

Dengan demikian kualitas Anda dalam berkendara di jalan akan lebih maksimal. Postur tubuh yang ideal ini jugamemungkinkan Anda nyaman dan tidak mudah kelelahan.

Selain itu, selama berkendara pengendara akan dihadapkan dengan berbagai permasalahan cuaca, sehingga pengendara harus menjadi lebih waspada dalam berkendara

Seperti dilansir dari laman resmi Astra Motor, disebutkan sejumlah bentuk postur tubuh yang tepat saat berkendara dengan sepeda motor, sebagai berikut:

Tubuh Tegak & Rileks

Postur tubuh yang tegak serta rileks, adalah posisi yang baik bagi pengendara motor. Posisi ini juga membantu pengendara agar tidak mudah lebih capek ketika berkendara. Selain itu, posisi tubuh yang rileks akan lebih memudahkan pengendara dalam membelokkan kendaraannya.

Lengan Jangan Terlalu Tegak Lurus

Posisi lengan yang tidak terlalu tegak lurus adalah posisi yang baik saat sedang memegang stang motor. Lengan yang posisinya tegak lurus saat berkendara, akan menyebabkan kondisi tangan yang lebih lelah dari biasanya khususnya ketika sedang melakukan pengereman & ketika menggunakan motor kopling.

Genggam Stang dengan Semua Jari

Apabila menggenggam stang motor dengan kurang dari 4 jari, maka akan membuat pengendara menjadi tidak nyaman dalam berkendara.

Penggunaan 4 jari pada stang juga dapat mengurangi kesalahan pengendara ketika sedang melakukan pengereman, serta merupakan salah satu standar keamanan yang tepat dalam berkendara.

Lutut Rapat Mengarah ke Depan

Posisi lutut yang mengarah ke depan ketika berkendara merupakan posisi yang sangat baik untuk melindungi diri pengendara dalam menghadapi hal – hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, posisi lutut yang rapat juga dapat memudahkan pengendara dalam menyeimbangkan sepeda motor. Posisi ini merupakan posisi standar keselamatan yang baik dari Safety Riding.

Posisi Duduk yang Nyaman

Jika posisi duduk sudah terasa nyaman, maka pengendara akan lebih mudah menyeimbangkan sepeda motornya. Dengan posisi duduk yang nyaman, pengendara juga tidak akan cepat merasa lelah.

Demikianlah tips postur tubuh yang aman saat berkendara sepeda motor. Dari beberapa tips di atas, sudahkan Anda menerapkan dalam berkendara sehari-hari?

Jika belum, Anda bisa menerapkan tips di atas dan mulai ikuti postur tubuh ideal untuk mendapatkan pengalaman berkendara yang nyaman dan aman.

Dengan tips di atas Selain dapat membuat pengalaman berkendara Anda jauh lebih nyaman dan menyenangkan, posisi tubuh yang ideal juga menghindarkan Anda dari risiko-risiko berkendara seperti terkilir, pegal dan lain-lain. Happy safe driving everyone!

RELATED
NEWS